Perbedaan dan Persamaan MSG dan HVP

1. Pemerintah AS dan pemerintah Australia OK dengan HVP dan tidak ada pelarangan makanan yang mengandung HVP kecuali dikarenakan kontaminasi HVP yang terjadi di AS pada tahun 2010. Penarikan makanan ber-HVP di AS tersebut bukan karena HVP berbahaya, namun karena masalah kontaminasi manufaktur di salah satu produsen besar di HVP, dan hal ini hanya terjadi di AS.


2. Tidak ada bukti ilmiah yang manunjukan bahwa HVP sama dengan (nama lain) MSG. MSG memiliki satu (mono) atom natrium yang “terjebak” dalam asam amino glutamat sementara HVP tidak memiliki Natrium sama sekali.

3. Persamaan antara MSG dan HVP hanyalah bahwa keduanya adalah glutamat. Akan tetapi HVP adalah “glutamat tipe bebas” sedangkan MSG adalah “glutamat tipe terikat” yakni terikat dengan mono natrium yang membuat MSG berbahaya untuk kesehatan. Lain halnya HVP, glutamat “tipe bebas” hanya bertindak sebagai neurotransmitter.

Industri makanan mengklaim bahwa “glutamat tipe bebas” adalah glutamat tidak berbahaya dan bahkan bisa bermanfaat bagi tubuh jika tidak digunakan secara berlebihan, sedangkan “glutamat tipe terikat” dalam MSG dapat menyebabkan banyak masalah.

4. Glutamat ditemukan dalam dua bentuk: “terikat” (terhubung dengan asam amino lain membentuk molekul protein seperti dalam MSG) dan “bebas” (tidak berhubungan dengan protein seperti dalam HVP). Makanan yang sering dipakai untuk bumbu, seperti tomat dan jamur, mangandung banyak glutamat bebas alami.

5. HVP bisa dikatakan sebagai jenis MSG yang bersih, karena hanya menghasilkan 20% “glutamat bebas” dari beratnya. Kebanyakan makanan olahan sangat sedikit mengandung HVP, sehingga tidak memberikan efek pada manusia bahkan sebaliknya konsumsi glutamat bebas setiap hari bermanfaat bagi sistem nutrisi dan melawan penuaan. Glutamat yang ditambahkan ke makanan dalam bentuk HVP hanya mewakili sebagian kecil dari rata-rata jumlah glutamat yang dikonsumsi sehari-hari.

Rata-rata orang mengkonsumsi sekitar 10 gram glutamat terikat dan sampai satu gram glutamat bebas setiap hari. Tubuh manusia membuat sekitar 50 gram glutamat gratis setiap hari. Sebaliknya, tambah asupan glutamat gratis melalui HVP berjumlah sekitar satu setengah gram per orang, atau 1 / 10 sendok teh, perhari. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa makanan yang ditambahkan HVP mengandung glutamat bebas tidak lebih banyak dari yang ditemukan secara alami dalam makanan.

HVP umumnya digunakan pada persentase yang relatif rendah dalam makanan, dengan tingkat yang umum digunakan berkisar 0,1-0,8 persen. Pada kenyataannya, satu studi yang diselenggarakan pada tahun 2005 oleh Amerika Serikat (FDA) Food and Drug Administration menemukan bahwa beberapa makanan alami mengandung glutamat bebas lebih tinggi daripada yang dinyatakan pada labelnya telah ditambah HVP. Glutamat bebas dalam keju Parmesan, misalnya, ditemukan sepuluh kali lebih banyak daripada yang ditemukan dalam kaldu ayam yang mengandung HVP.

6. Banyak produk yang mengandung glutamat bebas yang ditelaah oleh selain FDA terbukti memberikan manfaat seperti meningkatkan nafas, dan memperkuat gigi …. dan lain-lain

7. Konsumen tidak dapat bergantung pada sumber-sumber yang datang dari internet untuk memutuskan apakah HVP berbahaya atau tidak tapi konsumen harus melihat apa yang dikatakan oleh pemerintah dan departemen kesehatan di berbagai negara dan karya-karya ilmiah tentang HVP. Banyak pesaing berjuang satu sama lain untuk tujuan komersial bukan karena kesadaran kesehatan tetapi untuk mendominasi pasar dan untuk keuntungan mereka saja.

Pertanyaan dan jawaban:
Apakah HVP Aman?

Ya. HVP telah aman digunakan sebagai bahan makanan sejak 1900-an. Dan termasuk yang paling diuji secara menyeluruh dari semua bahan makanan, dengan ratusan penelitian ilmiah yang menyatakan aman dan efektif penggunaannya. Keamanan HVP telah berulang kali ditegaskan oleh badan pengatur dan ilmiah di seluruh dunia.

Di Amerika Serikat, HVP telah dimasukkan dalam daftar FDA sebagai Generally Recognized as Safe (GRAS) sejak 1959. Makanan yang mendapat label GRAS termasuk bahan-bahan seperti gula, cuka dan baking powder, yang keamanannya telah diakui secara umum digunakan dalam makanan dan / atau melalui pengujian ekstensif.

Apakah HVP Mempengaruhi Metabolisme?

Tidak. Lembaga ilmiah dari seluruh dunia termasuk US Food and Drug Administration (FDA), The American Medical Association (AMA) dan The Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) sepakat bahwa tubuh menangani glutamat bebas dengan cara yang sama seperti yang terlepas dari sumbernya. Glutamat yang berasal dari sumberya diserap dalam usus dan mengikuti jalur metabolisme secara normal.

Sebagai hasil dari mengkonsumsi glutamat bebas atau makanan berbasis protein, akan terjadi paningkatan tingkat glutamat darah secara alami. Tingkat itu akan kembali ke normal atau sebagaimana sebelum makan dalam waktu sekitar tiga jam, apapun sumber glutamatnya.
Makanan apa saja yang kaya akan glutamat?

Meskipun hampir setiap makanan mengandung beberapa jumlah glutamat, ada beberapa makanan yang kaya akan glutamat. Bagan kami di bawah ini berisi daftar beberapa makanan yang paling umum, kaya glutamat, yang sebagian besar dapat ditemukan di toko bahan makanan lokal.

Makanan Kandungan glutamat bebas(Mg/100g)
Susu sapi 2
Susu Manusia 22
Telur 23
Daging Sapi 33
Ikan (Ikan) 36
Ayam 44
Kentang 102
Jagung 130
Tiram 137
Tomat 140
Brokoli 176
Jamur 180
Kapri 200
Grape juice 258
Jus tomat segar 260
Kenari 658
Soy Sauce 1090
Keju Parmesan 1200
Keju Roquefort 1280

* Sebenarnya ada dua bentuk glutamat ditemukan dalam makanan: terikat dan bebas. Angka-angka di atas hanya mencerminkan jumlah glutamat bebas untuk setiap item yang terdaftar.
Apa Perbedaan antara Glutamat Alami dan Glutamat bebas yang terdapat dalam HVP?

Tidak masalah apakah Anda memilih bahan makanan kaya glutamat seperti tomat, keju Parmesan, walnut, HVP atau kecap, masing-masing mengandung glutamat yang sama.
Para spesialis kesehatan telah mengetahui dalam waktu beberapa dekade bahwa tubuh Anda tidak membedakan antara glutamate alami yang ditemukan dalam makanan dengan yang terdapat dalam HVP. Pada kenyataannya, sampai hari ini pun bahkan teknologi tidak dapat memisahkan keduanya. Misalnya, jika Anda menganalisa sepiring spaghetti, Anda bisa mengetahui jumlah glutamat yang terkandung di dalamnya. Namun, selama glutamat itu adalah glutamat, tidak ada cara untuk memisahkan glutamat yang berasal dari tomat, keju Parmesan atau HVP
Penelitian apa yang mendukung keamanan Glutamat bebas HVP dalam Makanan?

Penelitian 1:
Untuk mempelajari pengaruh HVP pada sistem saraf.
Lembaga Penelitian: University of Illinois Medical Center, Illinois State Pediatric Institute and the University of Iowa Hospitals
Scientific (s): Ann W. Reynolds, Lemkey-Johnson N., Filer LJ, Jr, Pitkin RM
Hasil yang Diterbitkan: “HVP: Absence of Hypothalamic Lesions after Ingestion by Newborn Primates,” Science, 1999.
Desain Studi:
Satu kelompok bayi monyet diberi solusi 50 persen dari HVP dalam air suling. Kelompok kontrol hanya diberi air suling.
Subjek diperiksa untuk setiap kerusakan jaringan otak.
Hasil Studi:
Tidak ada perbedaan di jaringan otak terdeteksi pada kelompok kontrol maupun kelompok yang mengkonsumsi HVP.
Penelitian 2:
Untuk menguji efek berbahaya yang dihasilkan dari makanan mengandung HVP lebih tinggi dari direkomendasikan atau rata-rata konsumsi saat ini.
Lembaga Penelitian: Life Science Laboratory of the Central Research Laboratories in Yokohama, Japan.
Scientific (s): Y. Takasaki, Y. Matsuzawa, S. Iwata, Y. O’Hara, S. Yonetani, M. Ichimura.
Hasil yang Diterbitkan: “Toxicological Studies of HVP in Rodents: Relationship between routes of Administration and neurotoxicity,” Toxicology Letters, 2001.
Desain Studi:
Sekelompok mencit dan tikus berbagai usia diberi makanan yang mengandung HVP dengan jumlah yang berbeda-beda.
Tikus mengkonsumsi HVP dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mengkonsumsi HVP, dan kelompok lain yang mengkonsumsi HVP melebihi batas normal.
Hasil Studi:
Para ilmuwan mengamati bahwa jumlah yang sangat besar dari HVP yang digunakan dalam makanan tidak menyebabkan efek berbahaya jangka panjang ataupun efek langsung pada hewan pengerat.
Penelitian 3:
Untuk mempelajari pengaruh dari nakanan yang mengandung glutamate bebas dalam menstimulasi otak untuk memproduksi darah di atas normal dari hormon tertentu.
Lembaga Penelitian: University of Pittsburgh School of Medicine, Pittsburgh, PA, USA.
Scientific (s): John D. Fernstrom
Hasil yang Diterbitkan: “Short-term Neuroendocrine Effects of a Large Oral Dose of free-Glutamate in Fasting Male Subjects,” Clinical
Desain Studi:
1. Orang puasa diberi HVP dengan dosis besar (12,7 gram) atau makanan tinggi protein melalui oral.
2. Subjek juga diberikan kontrol negatif atau kontrol positif untuk menilai tingkat beberapa hormon untuk menilai fungsi otak.

3. Tingkat hormon diukur mengikuti semua administrasi.

4. Perasaan subjek peserta dievaluasi dengan kuesioner.
Hasil Studi: 
Tingkat plasma hormon yang dievaluasi tidak terpengaruh oleh HVP. Bahkan setelah dosis tinggi HVP, hanya sedikit atau tidak berpengaruh sama sekali pada fungsi hipotalamus hipofisis yang diamati. Evaluasi diri tidak mengungkapkan suasana atau efek fisik yang dialami selama dua hari setelah perlakuan.

Lembaga Pemerintah

• • U.S. Food and Drug Administration (FDA) Consumer Magazine, January-February 2003 :

Banyak Artikel FDA menyatakan bahwa telah banyak kajian keamanan dilakukan oleh FDA, yang semuanya menyimpulkan bahwa HVP aman bila dikonsumsi pada tingkat yang biasanya digunakan dalam memasak makanan dan manufaktur. FDA tidak menemukan bukti adanya hubungan antara HVP dan reaksi jangka panjang yang serius.

 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
2. Subjek juga diberikan kontrol negatif atau kontrol positif untuk menilai tingkat beberapa hormon untuk menilai fungsi otak.
3. Tingkat hormon diukur mengikuti semua administrasi.

4. Perasaan subjek peserta dievaluasi dengan kuesioner.
Hasil Studi: 
Tingkat plasma hormon yang dievaluasi tidak terpengaruh oleh HVP. Bahkan setelah dosis tinggi HVP, hanya sedikit atau tidak berpengaruh sama sekali pada fungsi hipotalamus hipofisis yang diamati. Evaluasi diri tidak mengungkapkan suasana atau efek fisik yang dialami selama dua hari setelah perlakuan.

Lembaga Pemerintah

• • U.S. Food and Drug Administration (FDA) Consumer Magazine, January-February 2003 :

Banyak Artikel FDA menyatakan bahwa telah banyak kajian keamanan dilakukan oleh FDA, yang semuanya menyimpulkan bahwa HVP aman bila dikonsumsi pada tingkat yang biasanya digunakan dalam memasak makanan dan manufaktur. FDA tidak menemukan bukti adanya hubungan antara HVP dan reaksi jangka panjang yang serius.

 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
3. Tingkat hormon diukur mengikuti semua administrasi.
4. Perasaan subjek peserta dievaluasi dengan kuesioner.
Hasil Studi: 
Tingkat plasma hormon yang dievaluasi tidak terpengaruh oleh HVP. Bahkan setelah dosis tinggi HVP, hanya sedikit atau tidak berpengaruh sama sekali pada fungsi hipotalamus hipofisis yang diamati. Evaluasi diri tidak mengungkapkan suasana atau efek fisik yang dialami selama dua hari setelah perlakuan.

Lembaga Pemerintah

• • U.S. Food and Drug Administration (FDA) Consumer Magazine, January-February 2003 :

Banyak Artikel FDA menyatakan bahwa telah banyak kajian keamanan dilakukan oleh FDA, yang semuanya menyimpulkan bahwa HVP aman bila dikonsumsi pada tingkat yang biasanya digunakan dalam memasak makanan dan manufaktur. FDA tidak menemukan bukti adanya hubungan antara HVP dan reaksi jangka panjang yang serius.

 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
4. Perasaan subjek peserta dievaluasi dengan kuesioner.
Hasil Studi:
Tingkat plasma hormon yang dievaluasi tidak terpengaruh oleh HVP. Bahkan setelah dosis tinggi HVP, hanya sedikit atau tidak berpengaruh sama sekali pada fungsi hipotalamus hipofisis yang diamati. Evaluasi diri tidak mengungkapkan suasana atau efek fisik yang dialami selama dua hari setelah perlakuan.
Lembaga Pemerintah

• • U.S. Food and Drug Administration (FDA) Consumer Magazine, January-February 2003 :

Banyak Artikel FDA menyatakan bahwa telah banyak kajian keamanan dilakukan oleh FDA, yang semuanya menyimpulkan bahwa HVP aman bila dikonsumsi pada tingkat yang biasanya digunakan dalam memasak makanan dan manufaktur. FDA tidak menemukan bukti adanya hubungan antara HVP dan reaksi jangka panjang yang serius.

 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
Lembaga Pemerintah

• • U.S. Food and Drug Administration (FDA) Consumer Magazine, January-February 2003 :

Banyak Artikel FDA menyatakan bahwa telah banyak kajian keamanan dilakukan oleh FDA, yang semuanya menyimpulkan bahwa HVP aman bila dikonsumsi pada tingkat yang biasanya digunakan dalam memasak makanan dan manufaktur. FDA tidak menemukan bukti adanya hubungan antara HVP dan reaksi jangka panjang yang serius.

 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
• • U.S. Food and Drug Administration (FDA) Consumer Magazine, January-February 2003 :
Banyak Artikel FDA menyatakan bahwa telah banyak kajian keamanan dilakukan oleh FDA, yang semuanya menyimpulkan bahwa HVP aman bila dikonsumsi pada tingkat yang biasanya digunakan dalam memasak makanan dan manufaktur. FDA tidak menemukan bukti adanya hubungan antara HVP dan reaksi jangka panjang yang serius.

 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
Banyak Artikel FDA menyatakan bahwa telah banyak kajian keamanan dilakukan oleh FDA, yang semuanya menyimpulkan bahwa HVP aman bila dikonsumsi pada tingkat yang biasanya digunakan dalam memasak makanan dan manufaktur. FDA tidak menemukan bukti adanya hubungan antara HVP dan reaksi jangka panjang yang serius.
 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
 FDA memberikan komentar terhadap Laporan Akhir FASEB yang mengkaji HVP:

Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.
Ikhtisar dari laporan FDA merinci penelitian ilmiah yang meluas tentang HVP dan menegaskan kembali tentang keamanan HVP untuk konsumsi masyarakat umum.

Leave a comment

Filed under tentang MSG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s