Sarang Penyakit yang Wajib Diwaspadai

Pasti sangat menyebalkan, jika suatu saat kita kena flu berat. Hidung bersin-bersin, batuk, hingga demam tinggi. Tapi, yang lebih tidak mengenakkan, orang di rumah atau rekan di kantor pun akhirnya ikut tertular. Bahkan, tak jarang, satu orang sembuh, segera berpindah ke orang lain. Pernah mengalami hal serupa?

Jika ya, mungkin salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengevaluasi tingkat kebersihan di kantor atau di rumah. Sebab, menurut survei berbagai lembaga kesehatan dunia, rumah dan kantor menjadi “sarang pertukaran” penyakit! Bayangkan, menurut sebuah penelitian, jumlah kuman di kantor mencapai 20 ribu kuman per inci! Dan, konon, telepon di kantor atau rumah yang kerap dipakai oleh orang yang berbeda-beda, mengandung 1400 bakteri!

Nah , agar kita tak mudah tertular penyakit, berikut beberapa tempat yang wajib diwaspadai, baik di rumah atau di kantor, yang dirangkum dari berbagai hasil penelitian bidang kesehatan dunia.

• Komputer dan tetikus (mouse)

Sepertinya sepele. Tapi, menurut berbagai penelitian, bahkan jumlah kuman dan virus yang bisa tersebar di perangkat yang paling sering kita gunakan belakangan ini jauh lebih banyak daripada kuman yang ada di toilet! Menurut Donna Duberg, assistant professor of clinical laboratory science di Saint Louis University St. Louis, Missouri, alasan mengapa komputer dan tetikus menjadi tempat paling mudah bagi berkembangnya sumber penyakit karena orang jarang membersihkannya. Sebab, selain harus detail, kadang karena kesibukan, orang cenderung membiarkan komputer dalam kondisi apa adanya, tanpa peduli kebersihannya.

• Meja kerja

Duberg lebih jauh menyebut, tempat yang tak jauh-jauh dari komputer yang sangat perlu dibersihkan adalah meja kerja. Apalagi, bagi kaum perempuan. Sebab, menurut hasil penelitian, meja kerja perempuan biasanya menyimpan lebih banyak barang dibanding kaum lelaki. Makanan kecil, buku-buku, majalah, vas bunga, dan berbagai aksesori lainnya bisa menjadi “tempat bermain” kuman-kuman.

• Pintu dan pegangannya

Jangan anggap sepele pintu dan pegangannya. Sebab, dengan banyaknya orang yang keluar masuk dan menyentuh gagang pintu atau sekadar mendorong pintu, telah meninggalkan banyak kuman. Apalagi, jika yang bersangkutan habis bersin.

• Telepon

Bisa dikatakan kita tak pernah lepas dari alat yang satu ini. Karena itu, penggunaan telepon secara bersama bisa menjadi sumber datangnya berbagai macam kuman penyakit. Sebuah penelitian di Universitas Arizona, Amerika Serikat, menemukan fakta bahwa telepon yang digunakan bersama— terutama di kantor—menyimpan 25 ribu lebih kuman setiap incinya.

• Buku-buku

Jangan salah sangka. Selain sumber ilmu, buku—apalagi yang disimpan dalam rak tak berkaca—yang sering ditukarpinjamkan bisa menjadi sarang penyakit. Termasuk juga, buku yang lama tak dibaca, debu-debu yang menempel bisa menjadi “magnet” bagi berkumpulnya ribuan kuman.

sumber : http://www.andriewongso.com

Leave a comment

Filed under Tips Menjaga Kesehatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s